Lidah orang berakal di belakang hatinya dan hati orang bodoh di belakang lidahnya.
Ketahuilah, lidah laksana binatang buas yang suatu saat bisa "membunuh".

Kamis, 03 Januari 2013

Memahami Berbagai Istilah Dalam Dunia Pendidikan

Judul Buku : Kamus Istilah Pendidikan
Penulis : Angga Teguh Prasetyo
Penerbit : Aditya Media
Cetakan : I, 2011
Tebal  : viii + 154 hlm
Peresensi : Finayatul Maula

Pada hakikatnya, manusia butuh sesuatu secara efisien, mudah dan cepat. Karena memang merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhinya. Untuk itu, dalam hal mengerti secara praktis tentang makna dari istilah-istilah didunia pendidikan, kamus ini sangatlah berguna yang bisa dijadikan pegangan bagi seluruh civitas akademika.
Ya, kamus itu adalah kamus istilah pendidikan karangan Angga Teguh Prasetyo, sosok yang dianggap sudah pakarnya dunia pendidikan dan  kepenulisan. Kamus istilah pendidikan memang tidak setebal selayaknya kamus pada umumnya, seperti kamus istilah fiqih, kamus terjemahan berbagai bahasa, bahkan kamus besar bahasa Indonesia. Itu berarti perbendaharaan kata dalam buku kamus yang lain lebih banyak daripada kamus istilah pendidikan. Namun seharusnya kita tetap berbangga hati bahwa berbagai istilah khususnya didunia pendidikan dan makna yang dikandungnya dapat dikumpulkan hingga tersusun menjadi sebuah kamus.
Kamus istilah pendidikan merupakan kumpulan berbagai definisi perihal pendidikan yang diambil dari istilah-istilah resmi yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Agama, tokoh-tokoh pendidikan dan berbagai literatur lainnya. Secara garis besar, kamus ini sangat membantu masyarakat dunia pendidikan, khususnya para guru, dosen, pelajar, dll. Didalamnya kita bisa mengenal lebih jauh tentang makna-mana dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, harapan untuk menciptakan komunitas masyarakat yang sadar pendidikan dan pembelajaran akan tercapai.
Berbagai hal, seluk beluk dan detil istilah pendidikan  dapat ditemukan disini. Walau dengan jumlah halaman yang terbatas, soal makna dari istilah pendidikan dikupas tuntas secara baik, ringan dan mendalam. Mulai dari fenomena pendidikan yang akhir-akhir ini marak terutama pendidikan di kota-kota besar, hingga untung ruginya berbagai model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Semuanya dibahas dari berbagai sudut pandang; kementrian pendidikan nasional, psikologi, budaya dan tentu tinjauan agama islam. Dilengkapi dengan perbendaharaan dari pendapat para ahli, tokoh, ilmuwan dalam dan luar negeri.
Kata-kata yang tersedia dalam buku kamus ini merupakan kata-kata pilihan yang memang pernah atau bahkan sering digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, penyusun kamus terlebih dulu membaca berbagai karya yang merupakan rujukan resmi dari kementrian pendidikan nasional RI dan kementrian agama  RI.
Berikutnya, para pembaca disuguhi berbagai wawasan seputar dunia pendidikan; meliputi berbagai tahap pembelajaran siswa, badan yang khusus menangani pendidikan, macam model dan strategi belajar serta masih banyak lagi yang lainnya. Dijelaskan secara jelas dan gambling. Disertai referensi yang kuat dari berbagai literatur yang terpercaya. Sehingga diharapkan para civitas akademika yang telah memutuskan untuk terjun didunia pendidikan, memiliki pegangan dan dasar  untuk menapaki dunia barunya.
Buku kamus ini dikemas secara ringan dan dengan bahasa yang sederhana serta mudah dicerna. Terlepas dari itu semua, buku ini sepertinya tidak hanya wajib dimiliki oleh seluruh civitas akademika, tapi oleh siapa saja yang merasa peduli dengan pendidikan, bahkan cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan lapisan, baik kaum muda maupun tua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar